TSI » 2 Chronicles » 36

36 Raja YoahasRakyat Yehuda mengangkat Yoahas, anak Yosia untuk menjadi raja yang baru di Yerusalem menggantikan Yosia. 2 Yoahas berumur 23 tahun ketika ia diangkat menjadi raja di Yehuda dan ia memerintah hanya selama tiga bulan. 3 Raja Mesir menangkapnya dan mencegahnya untuk memerintah lebih lama lagi. Dia juga memaksa rakyat Yehuda untuk membayar pajak 3.400 kilogram perak dan 34 kilogram emas. 4 Kemudian raja Mesir yang bernama Nekho mengangkat Elyakim, saudara Yoahas menjadi raja untuk Yehuda dan Yerusalem, dan menggantikan namanya dengan Yoyakim, dan Nekho menawan Yoahas, saudaranya itu, dan membawanya ke Mesir 5 Yoyakim berumur 25 tahun ketika ia diangkat menjadi raja Yehuda, dan ia memerintah di Yerusalem 11 tahun lamanya. Ia melakukan banyak hal yang tidak berkenan dihadapan Allah. 6 Kemudian Nebukadnezar, raja Babilon datang ke Yerusalem dan merebutnya, dan dia mengikat Yoyakim dan membawanya ke Babel. 7 Suruhan Nebukadnezar juga mengambil beberapa barang berharga dari rumah Tuhan. Mereka membawanya ke Babel dan menempatkan mereka di istana Raja Nebukadnezar di Babilon. 8 Hal-hal lain yang dilakukan Yoyakim, dan kekejian yang ia lakukan, serta apa yang ditemukan padanya, semuanya itu tertulis dalam kitab raja-raja Israel dan Yehuda. Maka Yoyakhin, anaknya, memerintah untuk menggantikan dia.

9 Yoyakhin berumur 18 tahun ketika diangkat menjadi raja Yehuda dan ia memerintah di Yerusalem hanya selama 3 bulan 10 hari. Yoyakhin melakukan hal-hal yang tidak berkenan di mata Tuhan. 10 Pada saat pergantian tahun, Raja Nebukadnezar memerintahkan tentaranya untuk membawanya ke Babel. Mereka juga membawa ke Babel banyak barang berharga dari rumah Tuhan. Kemudian Nebukadnezar menunjuk saudara Yoyakhin, Zedekia, untuk menjadi raja Yehuda dan Yerusalem. 11 Zedekia berumur 21 tahun pada waktu ia menjadi raja, dan ia memerintah di Yerusalem selama sebelas tahun. 12 Ia melakukan banyak hal yang yang tidak berkenan dihadapan Tuhan. Dia tidak mendengarkan saat nabi Yeremia mengucapkan kepadanya sebuah pesan dari Tuhan untuk memperingatkannya. 13 Ia memberontak terhadap Raja Nebukadnezar, walaupun ia telah bersumpah demi nama Tuhan untuk setia kepadanya. Raja Zedekia adalah orang yang keras kepala dan tidak mau taat kepada TUHAN, Allah Israel. 14 Selain itu, para pemimpin Yehuda, para imam, dan orang-orang mengikuti dosa yang dilakukan bangsa-bangsa di sekitar mereka dalam menyembah berhala, dan karena itu mereka menajiskan Rumah Tuhan, yang telah dikuduskan Tuhan sendiri.

15 Tuhan, Allah nenek moyang mereka, terus menerus mengirim utusanNya untuk memperingatkan umatNya, karena Dia ingin menyelamatkan mereka dan Rumah Tuhan. 16 Tapi orang-orang mengejek utusan Allah itu dan membenci kata-kata mereka. Mereka mengejek para utusanNya sampai kemarahan Tuhan tidak dapat lagi ditahan dan tidak ada yang bisa menghentikkannya. 17 Maka Tuhan menggerakkan raja Babel untuk menyerang mereka. Raja membunuh pemuda Yehuda bahkan di Bait Allah. Dia tidak memiliki belas kasihan pada siapa pun, muda atau tua, pria atau wanita, sakit atau sehat. Tuhan menyerahkan mereka semua kepada raja Babel. 18 Raja juga membawa semua barang-barang, besar ataupun kecil, yang digunakan di Bait Allah, dan juga harta benda para pegawainya. semuanya dirampas oleh raja Babel dan dibawa ke Babel. 19 Mereka membakar rumah Tuhan itu, dan mereka menghancurkan tembok yang mengelilingi Yerusalem. Mereka membakar semua istana di Yerusalem dan menghancurkan semua barang berharga lainnya di sana. 20 Tentara Nebukadnezar membawa orang-orang yang selamat ke Babel, orang-orang itu menjadi budak raja dan budak anaknya, sampai kerajaan Persia mengalahkan Babilonia. 21 Demikianlah firman Tuhan yang disampaikan melalui Yeremia digenapi. negeri itu harus diistirahatkan, sunyi sepi selama tujuh puluh tahun, seperti yang dikatakan utusan Tuhan tersebut. 22 Pada tahun pertama Koresy raja Persia, firman TUHAN diucapkan melalui Yeremia digenapi. Tuhan memasukkannya ke dalam pikiran Raja Koresy dari Persia untuk mengumumkan sebuah pengumuman secara lisan di seluruh kerajaannya dan juga untuk menuliskannya: 23 "Saya, Koresh, raja Persia, menyatakan bahwa, Tuhan yang memerintah di surga, telah mengangkat aku untuk menjadi raja di bumi ini. Dan dia telah menunjuk aku untuk memerintahkan agar para pekerja saya membangun sebuah bait untuk Dia di Yerusalem, yang ada di Yehuda, saya mengizinkan kalian umatNya untuk pergi ke Yerusalem dan aku akan berdoa agar Tuhan menyertai kalian. "