TSI » 2 Chronicles » 31

Raja Hizkia melakukan pembaharuan agama

(2 Raja18.4)

31Setelah perayaan Paskah selesai, orang-orang Israel yang hadir pergi ke semua kota di Yehuda dan memusnahkan berhala-berhala dan tiang-tiang penyembahan dewi Asyera. Mereka memusnahkan tempat-tempat penyembahan dan mezbah-mezbah Baal yang terdapat di wilayah suku Yehuda dan Benyamin, dan juga di wilayah suku Efraim dan Manasye. Setelah berhasil memusnahkan semuanya, mereka pulang ke kota dan tempat tinggal mereka masing-masing.

2 Raja Hizkia membagi para imam dan keturunan Lewi lainnya ke dalam beberapa kelompok. Dia menentukan kelompok yang bertanggung jawab atas persembahan kurban bakaran, dan persembahan-persembahan untuk menjaga persekutuan dengan TUHAN. Kelompok lain diberi tanggung jawab mengerjakan berbagai tugas di Rumah TUHAN. Ada yang memimpin ibadah, ada yang bertugas secara khusus untuk mengucap syukur kepada TUHAN, kelompok lain ditugaskan memimpin puji-pujian kepada TUHAN di pintu-pintu gerbang Rumah TUHAN. 3 Raja juga menyumbangkan hewan ternaknya yang dibutuhkan untuk kurban bakaran sesuai dengan apa yang telah ditetapkan TUHAN melalui Musa, yaitu: setiap pagi dan sore, pada hari Sabat, merayakan bulan baru, dan untuk perayaan-perayaan lainnya. 4 Selain itu, raja juga memerintahkan penduduk Yerusalem untuk memberi kepada para imam dan keturunan Lewi lainnya bagian yang menjadi hak mereka. Dengan berbuat demikian, para imam dan keturunan Lewi bisa melakukan tugas-tugas mereka seperti yang sudah ditetapkan oleh TUHAN. 5 Masyarakat segera melaksanakan perintah raja dengan memberikan hasil panen pertama mereka antara lain: gandum, anggur, minyak zaitun, madu, berbagai hasil bumi lainnya, dan juga sepersepuluh dari segala sesuatu yang telah ditetapkan untuk dipersembahkan kepada TUHAN, Allah mereka. Persembahan yang terkumpul sangat melimpah sampai menjadi timbunan-timbunan yang tinggi. 6 Orang Israel dari wilayah utara yang pindah ke Yehuda dan orang Yehuda yang menetap di kota-kota lain juga melakukan hal yang sama, yaitu memberikan sepersepuluh dari hewan ternak lembu sapi dan kambing domba mereka, dan sepersepuluh dari persembahan kudus mereka yang telah dikhususkan kepada TUHAN, Allah mereka, dan terkumpul menjadi timbunan-timbunan tinggi. 7 Pada bulan ketiga,1, mereka mulai mengumpulkan persembahan mereka dan selesai pada bulan ketujuh2. (Jumlah yang terkumpul sangatlah banyak.) 8 Pada waktu Raja Hizkia dan para pejabatnya datang dan melihat timbunan-timbunan itu, mereka memuliakan TUHAN dan berterima kasih kepada umat-Nya, orang Israel. 9 Raja Hizkia lalu bertanya kepada para imam dan orang-orang Lewi tentang pemberian-pemberian persembahan itu yang berjumlah besar. 10 Pada saat itu yang menjabat sebagai Imam Besar adalah Azarya, keturunan Zadok, dan dia menjawab, “Sejak rakyat membawa persembahan mereka ke Rumah TUHAN, bahan makanan melimpah. Kami menerima semuanya ini karena TUHAN sudah memberkati umat-Nya.”

11 Raja lalu memerintahkan agar gudang-gudang sebagai tempat penyimpanan persembahan itu dibangun di Rumah TUHAN. 12 Semua persembahan khusus, persembahan persepuluhan, dan persembahan kudus lainnya yang diserahkan untuk TUHAN disimpan di situ. Penanggung jawab gudang adalah orang Lewi bernam Kona dan saudaranya yang bernama Simei membantunya. 13 Mereka berdua juga dibantu oleh beberapa orang lain, yaitu, Yehiel, Azazya, Nahat, Asael, Yerimot, Yozbad, Eliel, Yismakhya, Mahaat dan Benaya. Mereka diangkat oleh Raja Hizkia dan Imam Besar Azarya. 14 Kore, anak Yimna, orang Lewi yang bertugas sebagai penjaga pintu gerbang di Gerbang Timur ditugaskan sebagai kepala pembagian persembahan-persembahan kepada para imam. 15 Eden, Minyamin, Yesua, Semaya, Marya dan Sekhanya membantu Kore dengan setia. Mereka bertugas membagikan semua persembahan itu kepada para imam di kota mereka masing-masing, baik kepada imam yang tua maupun imam yang muda. 16 Mereka juga membagikan barang-barang yang dikumpulkan itu kepada setiap laki-laki di atas tiga tahun, tanpa melihat kedudukanya dalam silsilah keluarga, yaitu kepada setiap orang yang datang ke Rumah TUHAN sesuai dengan hari yang ditetapkan untuk mereka melaksanakan tugas resmi menurut kelompoknya masing-masing. 17 Kepada para imam yang namanya tercatat dalam daftar silsilah sesuai kaum keluarganya dan kepada mereka keturunan Lewi di atas dua puluh tahun yang namanya tercatat sesuai tugas dan bagian mereka. 18 Pembagian makanan juga diberikan kepada para keluarga yang terdaftar secara silsilah, termasuk yang masih bayi, para istri, dan juga putra-putri mereka. Hal ini dilakukan karena mereka semua setia menyucikan diri. 19 Ada sebagian dari keturunan Harun, yaitu para imam yang tinggal di daerah pertanian di sekitar kota-kota Yehuda. Orang-orang yang namanya disebut di atas bertugas untuk membagi jatah persembahan makanan kepada imam-imam ini. Setiap laki-laki yang namanya tercatat dalam silsilah keluarga Lewi menerima bagiannya. 20 Dengan demikian Raja Hizkia mengatur pembagian persembahan ini ke seluruh wilayah Yehuda. Dia berhasil melakukannya dengan baik dan benar, dan membuktikan kesetiaannya kepada TUHAN, Allahnya. 21 Dalam segala hal yang dilakukannya untuk Rumah TUHAN, Raja Hizkia taat kepada ketentuan serta perintah-perintah TUHAN. Dia melaksanakan segala sesuatu dengan sepenuh hati. Oleh karena itu, setiap usahanya berhasil.

1 31:7 bulan ketiga yang disebut Sivan dalam penanggalan Ibrani, jatuhnya pada pertengahan bulan Mei sampai dengan pertengahan bulan Juni.

2 31:7 bulan ketujuh yang disebut Tisyri dalam penanggalan Ibrani jatuhnya pada pertengahan bulan September sampai dengan pertengahan bulan Oktober