TSI » 2 Chronicles » 30

Persiapan untuk perayaan Paskah

30Raja Hizkia mengutus para pembawa pesan untuk menyampaikan berita ke masyarakat di seluruh wilayah Israel dan Yehuda. Dia juga mengutus pembawa pesan untuk [membawa surat undangan ke//mengundang] orang-orang dari suku Efraim dan Manasye, untuk turut hadir dalam perayaan Paskah untuk menghormati TUHAN, Allah Israel yang diadakan di Rumah TUHAN di Yerusalem. 2 Raja Hizkia, semua pejabat dan seluruh anggota masyarakat di Yerusalem bersepakat untuk merayakan Paskah pada bulan kedua.1 3 Mereka tidak dapat merayakannya tepat waktu karena pada waktu itu, semua imam belum melaksanakan upacara penyucian diri2, belum ada persiapan dan masyarakat belum semua terkumpul. 4 Raja dan semua orang yang terkumpul merasa rencana mereka untuk melaksanakan perayaan Paskah sangat baik. 5 Maka mereka mengumumkan di seluruh Israel, dari kota Bersyeba di wilayah selatan sampai ke kota Dan di wilayah utara, menyerukan agar semua orang datang ke Yerusalem untuk [merayakan//memperingati] Paskah TUHAN, Allah Israel. Masyarakat sudah lama tidak merayakannya sesuai dengan [ketetapan TUHAN// yang dahulu sudah ditetapkan TUHAN]. 6 Atas perintah raja, para pembawa pesan membawa [surat//pemberitahuan//pengumuman] darinya dan para pejabatnya ke seluruh Israel dan Yehuda. Isi [suratnya//pemberitahuannya//pengumumannya] mengatakan, 7 “Jangan jadi seperti [para leluhurmu//nenek-moyangmu] dan sanak keluargamu. Mereka [melawan//tidak taat kepada] TUHAN, Allah [para leluhur//nenek moyang] mereka. [Kalian tahu sendiri bahwa sebagai akibat, TUHAN menghukum mereka dengan sangat berat.//Seperti yang kalian ketahui, mereka harus menanggung hukuman berat dari TUHAN.] 8 Jangan keras kepala seperti orang-orang tua kita, tetapi [serahkanlah diri kalian kepada//taatilah] TUHAN, dan datanglah ke tempat kudus-Nya. [Berbaktilah//Beribadahlah] kepada TUHAN, Allahmu, supaya [murka-Nya//kemarahan-Nya] akan reda darimu. 9 Kembalilah kepada-Nya! Bila kalian melakukan itu, maka orang-orang yang telah menawan kaum keluargamu akan berbelas kasihan, dan [membebaskan mereka//memperbolehkan mereka kembali]. TUHAN, Allahmu adalah pengasih dan baik hati. Dia tidak akan berpaling dari kalian bila kalian mau kembali kepada-Nya.” 10 Para pembawa pesan pergi ke setiap kota di wilayah Efraim dan Manasye, sampai sejauh Zebulun, namun masyarakat di sana malah menertawakan dan menolok-olok mereka.

11 [Walaupun demikian//Namun] ada juga orang-orang dari suku Asyer, Manasye dan Zebulon yang merendahkan diri dan pergi ke Yerusalem. 12 Allah bertindak dan menyatukan semua masyarakat Yehuda untuk menaati Raja Hizkia dan para pejabatnya, karena mereka menjalankan perintah TUHAN. 13 Pada bulan kedua, banyak sekali orang yang berkumpul bersama di Yerusalem untuk merayakan Pesta Roti Tidak Beragi3 14 Orang-orang yang terkumpul memusnahkan tempat-tempat pembakaran dupa kepada dewa-dewa dan berhala, dan membuang sisa-sisanya ke dalam Lembah Kidron.4 15 Pada hari keempat belas bulan kedua, mereka menyembelih domba-domba untuk kurban bakaran Paskah. Para Imam dan orang-orang Lewi yang belum menyucikan diri merasa malu, sehingga mereka menyucikan diri dan menyerahkan persembahan kurban bakaran di Rumah TUHAN. 16 Sesuai dengan Hukum Musa, mereka berdiri di tempat-tempat yang sudah ditetapkan. Para imam menyiram darah yang telah mereka terima dari orang-orang Lewi. 17 Karena banyak dari antara mereka belum menyucikan diri, maka orang-orang Lewi diharuskan menyembelih kurban Paskah bagi setiap dari antara mereka yang belum menyucikan diri, dan mempersembahkannya kepada TUHAN. 18 Selain itu, banyak dari antara mereka yang berasal dari suku Efraim, Manasye, Isakhar dan Zebulon belum menyucikan diri sebelum mereka datang ke Yerusalem. Sebagai akibatnya, mereka tidak menaati ketentuan perayaan Paskah.5 Maka Raja Hizkia berdoa unutk mereka, 19 “Ya TUHAN, Allah yang disembah para leluhur kita, dalam kebaikan hatimu, aku memohon atas nama mereka yang telah datang untuk menyembahmu dengan segenap hati, ampunilah mereka yang telah datang tanpa menyucikan diri terlebih dahulu.” 20 TUHAN mendengar dan menjawab doa Hizkia, Dia mengampuni mereka dan tidak menjatuhkan hukuman di atas mereka. 21 Selama tujuh hari lamanya, semua orang yang terkumpul di Yerusalem merayakan Perayaan Roti Tidak Beragi dengan penuh suka cita, dan dari hari ke hari, para orang Lewi dan imam-imam memuji TUHAN dengan segenap hati. 22 Raja Hizkia memuji orang-orang Lewi karena mereka sangat pandai dalam memimpin ibadah kepada TUHAN.

23 Karena semua yang hadir begitu bergembira, mereka sepakat untuk melanjutkan perayaan selama tujuh hari lagi. 24 Raja Hizkia menyumbangkan seribu ekor lembu, dan tujuh ribu ekor domba. Para pejabat kerajaan menyumbang seribu ekor lembu dan sepuluh ribu ekor domba untuk dipersembahkan dan dimakan oleh semua orang yang hadir. Sementara itu, banyak imam menyucikan diri untuk melayani TUHAN dan menghormati-Nya di perayaan itu. 25 Semua orang Yehuda bersuka cita, termasuk para imam dan mereka yang berketurunan Lewi, dn semua orang Israel yang turut hadir termasuk diantaranya, orang-orang yang berasal dari bangss lain yang menetap di Israel dan Yehuda. 26 Selama bertahun-tahun perayaan serupa tidak pernah dilaksanakan, baru kali ini seluruh penduduk Yerusalem menyaksikan suatu perayaan yang sebesar dan semeriah ini. Terakhir kali perayaan sebesar ini diadakan adalah ketika Raja Salomo, anak Raja Daud, memerintah sebagai raja Israel. 27 Semua imam dan keturunan Lewi lainnya berdiri untuk berdoa mengucapkan berkat pada semua yang hadir, dan Allah mendengar mereka, karena doa-doa yang dipanjatkan terdengar sampai ke kediaman-Nya yang kudus di surga.

1 30:2 bulan kedua dalam [penanggalan//kalender] Ibrani disebut Iyar dapat disamakan dengan pertengahan April sampai dengan pertengahan Mei.

2 30:3 upacara penyucian diri Lihat Bil 8:5-15 mengenai proses upacara penyucian diri.

3 30:13, 30:21, 30:31 Pesta Roti Tidak Beragi merupakan perayaan yang berlangsung selama tujuh hari sesudah Hari Raya Paskah. Hari tersebut dirayakan untuk memperingati pembebasan orang Ibrani dari perbudakan di Mesir. Untuk perayaan ini roti dibuat dengan tidak memakai ragi (Kel 12:14-21) oleh karena itu hari raya tersebut diberi nama Hari Raya Roti Tidak Beragi. Perayaan ini jatuh pada tanggal 15-20 bulan Nisan, yaitu sekitar minggu pertama bulan April.

4 30:14 Lembah Kidron Lembah yang terbentang dari batas timur Yerusalem sampai ke Laut Mati.

5 30:18 tidak menaati ketentuan perayaan Paskah Lihat Bil 9:10-13.