TSI » 2 Chronicles » 21

Yoram menjadi raja Yudea

(2 Raj 8:17-24)

21Raja Yosafat meninggal dan dikubur bersama [nenek moyangnya//para leluhurnya]di [pekuburan//makam] raja-raja di Kota Daud, di Yerusalem. [Putra//Anak]nya yang bernama Yoram,1 menggantikannya sebagai raja.

2 Nama adik-adiknya yang juga adalah anak-anak Yosafat raja Israel, adalah Azarya, Yehiel, Sakaria, Azariahu, Mikael dan Sefaca. 3 Sebelum meninggal, Yosafat memberi berbagai pemberian berharga berupa emas, perak dan benda mahal lainnya, juga kepemimpinan atas kota-kota berbenteng di Yehuda kepada anak-anaknya. Karena Yoram adalah [anak tertua//anak sulung], maka dialah yang dipilih untuk menggantikan ayahnya sebagai raja. 4 Namun setelah Yoram [menguatkan//mengokohkan] kedudukannya sebagai raja, dia membunuh adik-adiknya dan juga para tokoh dan pemimpin Israel yang lain. 5 Yoram berusia tiga puluh dua tahun ketika menjadi raja dan memerintah selama delapan tahun di Yerusalem. 6 Dia melakukan berbagai perbuatan jahat sama seperti raja-raja Israel sebelumnya yang tidak melakukan hal-hal yang benar dalam pandangan TUHAN, sama dengan yang diperbuat Raja Ahad dan keluarganya. Hal ini terjadi karena Raja Yoram [menikah (dan dipengaruhi) oleh anak perempuan//putri] Ahad. 7 Walaupun demikian, TUHAN tidak menghabisi keturunan Daud, karena Dia telah berjanji 2 kepada Daud bahwa anak cucunya turun temurun akan [tetap memerintah//memerintah untuk selama-lamanya].

8 Pada masa pemerintahan Raja Yoram, bangsa Edom memberontak melawan Yehuda, dan mengangkat raja mereka sendiri. 9 Dengan seluruh pasukan tentaranya dan kereta-kereta berkudanya, Raja Yoram menyerang Edom. Pasukan Edom mengepung mereka, akan tetapi pada malam harinya, raja dan pasukan Israel berhasil melepaskan diri dari kepungan bangsa Edom. 10 Sejak itu, Edom tetap bebas dari Yehuda. Pada waktu yang bersamaan, penduduk Libna memberontak melawan Raja Yoram, karena dia meninggalkan TUHAN, Allah nenek moyang mereka. 11 Raja Yoram mendirikan tempat-tempat penyembahan berhala di bukit-bukit Yehuda. Dia memimpin penduduk Yerusalem beserta seluruh rakyat Yehuda untuk menyembah berhala, dan dengan demikian mereka telah menjual diri ke dalam dosa dan [berpaling dari//menyangkal//menjauhkan diri dari] TUHAN. 12 Pada suatu ketika, Raja Yoram menerima [sepucuk//selembar] surat dari nabi Elia yang [isinya berkata //berbunyi], “TUHAN, Allah yang disembah leluhurmu Raja Daud telah berfirman, ‘Engkau tidak mengikuti [contoh//jejak] ayahmu Yosafat ataupun teladan kakekmu, Raja Asa dari Yehuda, 13 tetapi memilih untuk mengikuti jejak dan teladan raja-raja Israel yang jahat. Engkau telah mendorong penduduk Yerusalem dan rakyat Yehuda untuk [berpaling dari//meninggalkan] TUHAN dan kembali menyembah berhala seperti yang dilakukan Raja Ahad pada masa pemerintahannya. Engkau juga sudah membunuh adik-adikmu yang jauh lebih baik daripadamu, 14 maka TUHAN akan membinaskaan seluruh penduduk negerimu dengan wabah penyakit yang hebat. (Semua yang engkau kasihi), anak-istri serta segala yang engkau miliki akan terkena wabah itu. 15 Engkau akan terkena penyakit usus yang begitu berat sehingga ususmu akan membusuk dan engkau akan sangat menderita sampai mati.’”

16 Pada masa itu, ada penduduk orang Filistin dan orang Arab yang tinggal berdekatan dengan tempat-tempat tinggal orang Etiopia yang menetap di sepanjang pesisir pantai. TUHAN menggerakkan mereka untuk berperang melawan Raja Yoram. 17 Mereka menyerbu Yehuda, masuk dan menjarah semua harta benda yang berada di dalam istrana raja. Selain itu, mereka juga membawa anak-anak dan istri-istri Yoram. Yang tertinggal hanya anak bungsu Yoram, bernama Ahazia 18 Setelah semaunya itu terjadi, TUHAN menyerang Raja Yoram dengan penyakit usus yang begitu berat yang tidak dapat disumbuhkan. 19 Setelah menderita sakit yang sangat berat selama dua tahun, usus Raja Yoram membusuk dan keluar, maka dia pun meninggal dengan penuh penderitaan. Rakyatnya tidak mengadakan upacara pemakaman kehormatan baginya dengan menyalakan api unggun, seperti yang mereka lakukan bagi para leluhur Yoram. 20 Yoram berusia tiga puluh dua ketika dia menjadi raja dan memerintah di Yerusalem selama delapan tahun. Tidak ada seorang pun yang merasa kehilangan atas kematiannya. Dia dikubur di Kota Daud, di Yerusalem, tetapi bukan di [pekuburan//makam] raja-raja.

1 21:1 Yoram memerintah sebagai raja Yehuda yang kelima.

2 21:7 Dia telah berjanji Lihat 1 Tawarik 17:3-27, secara khusus ayat 14 tentang janji TUHAN kepada Raja Daud.